Cara Kreatif dan Unik untuk Mengembangkan Kepercayaan Diri

Cara Kreatif dan Unik untuk Mengembangkan Kepercayaan Diri

Memiliki rasa percaya diri dapat membawamu melangkah jauh mewujudkan berbagai mimpi. Kamu akan berjalan tanpa peduli pandangan orang lain dan hanya merasakan serta memikirkan kemampuanmu sendiri.

Sebaliknya, jika kamu merasa kurang percaya diri, maka akan menghambat langkahmu membuka pintu-pintu kesuksesan di depan. Kamu akan diliputi perasaan cemas, khawatir, malu, dan berpikir dirimu kurang kompeten. Padahal, perasaan itu mungkin tak sepenuhnya benar. Kemampuanmu bisa jadi melebihi apa yang kamu bayangkan.

Jika sudah demikian, mau tak mau kamu harus mulai memiliki kepercayaan diri yang tinggi. Beberapa tokoh ternama yang terlihat percaya diri tak serta merta lahir langsung memiliki perasaan itu. Percaya diri adalah suatu hal yang dibentuk dan melalui proses yang panjang. Sebagai contoh dibentuk mulai dari mengubah mindset tentang dirimu hingga terus berlatih sampai menjadi mahir.

Namun, di sisi lain juga ada cara tak biasa yang bisa kamu terapkan untuk meningkatkan kepercayaan diri. Cara yang kreatif dan unik akan membantumu berlatih tanpa harus merasa terbebani dan kamu bisa makin fokus mengenal diri sendiri. Berikut ini merupakan tujuh cara tersebut yang bisa kamu coba.

 

  • Berpakaian seperti Figur yang Kamu Ingingkan
  • Dari pakaian yang kamu kenakan, ternyata bisa berdampak kepada kepercayaan diri dan produktivitas. Makin suka dengan pakaian itu, kamu akan lebih percaya diri untuk bertemu orang, berpendapat, atau hanya sekadar lebih bersemangat menjalani berbagai aktivitas rutin. Singkatnya ini seperti pseudo empowerment yang bisa kamu rasakan manfaatnya secara tidak langsung.

    Coba bayangkan pakaian apa yang paling mencerminkan dirimu. Hal itu bisa kamu kenali mulai dari gaya, warna, jenis kain, ukuran, merek, dan lain sebagainya. Misalnya, jika kamu adalah penggemar fesyen ala orang Jepang, kamu bisa tampil dengan atasan yang simpel berwarna cerah dengan kombinasi rok midi yang khas dipakai kebanyakan perempuan Jepang. Kamu bisa mencari banyak referensi internet seputar fesyen, seperti di Pinterest atau situs para fashion blogger ternama.

     

  • Kunjungi Tempat di Mana Tak Ada yang Mengenalmu
  • Berada di tempat di mana tak ada satu pun yang mengenalmu atau sebaliknya bisa membebaskanmu dari berbagai perasaan yang membuatmu insecure. Kamu bisa bebas berekspresi tanpa takut meninggalkan kesan apapun ke orang-orang yang mungkin tidak akan kamu temui lagi. Kamu dapat berjalan riang sambil bernyanyi dan menari, berbicara secara antusias dengan siapa pun, dan lain sebagainya.

    Coba luangkan waktumu untuk menjelajahi tempat baru, tak melulu harus tempat yang jauh. Kamu bisa mengunjungi tempat baru yang bisa dijangkau dengan transportasi umum. Cari hal baru di sana dan rasakan bedanya setelah kamu kembali, seberapa besar kepercayaan dirimu meningkat.

     

  • Perluas Comfort Zone-mu
  • Keluar zona nyaman mungkin terdengar sedikit berat bagimu. Coba ubah dengan term memperluas zona nyaman, bisa jadi ini lebih mudah kamu praktikkan. Misalnya kamu lakukan dengan mencari hobi baru, mempelajari hal yang kurang menarik sebelumnya, atau menambah jejaring pertemanan.

    Dari hal-hal baru tersebut, kamu bisa menemukan sisi lain dari dirimu yang selama ini tidak terlihat. Kamu akan merasa bangga atas capaianmu itu dan kepercayaan dirimu juga otomatis meningkat.

     

  • Hadapi Rasa Takutmu
  • Beberapa hal mungkin membuatmu takut selama ini, bisa karena kamu tidak menguasainya atau pernah mempunyai pengalaman buruk terhadapnya. Alhasil, kamu telah meninggalkan hal tersebut dan tidak mau mencoba melakukannya kembali.

    Namun, bayangkan jika kamu sedikit berani melakukannya lagi, kamu mungkin akan merasa bangga pada dirimu. Satu ketakutan telah berhasil kamu robohkan.

     

  • Ikuti Tes Identifikasi Kemampuan
  • Bagaimana kamu menilai dirimu selama ini? Pandanganmu mungkin kurang objektif karena tercampur dengan opini orang lain. Padahal, yang kamu butuhkan selama ini adalah memiliki perspektif yang benar-benar objektif tentang dirimu. Dengan begitu, kamu benar-benar tahu apa kekurangan dan kelebihanmu sehingga mudah untuk menentukan langkah perbaikan selanjutnya.

    Guna mendapatkan perspektif yang benar-benar objektif kamu bisa mengikuti beberapa tes identifikasi talenta online terpercaya, seperti tes Clifton StrengthsFinder atau tes kepribadian lewat Free Personality Test. Kemudian lihat hasilnya dan pahami hasilnya. Bisa jadi itu adalah penilaian yang paling akurat untuk menggambarkan dirimu.

     

  • Tatap Mata Lawan Bicara
  • Selama ini kamu mungkin sedikit cemas dengan apa yang orang pikirkan terhadapmu sampai-sampai tak berani menatap mata mereka saat bicara. Padahal, menatap mata lawan bicara memiliki berbagai manfaat, seperti membuat orang lain cenderung mengingat dan percaya apa yang kamu katakan.

    Nah untuk mengatasinya, kamu bisa mencoba dan berlatih dengan dua tips berikut. Pertama gunakan aturan 50/70. Maksudnya, jaga kontak mata dengan proporsi 50% ketika kamu berbicara dan 70% ketika kamu mendengarkan lawan bicara.

    Tips berikutnya, gunakan teknik segitiga. Teknik ini mencegahmu untuk memalingkan muka atau menunduk saat bicara karena sama dengan menunjukkan kurangnya kepercayaan diri. Pada teknik segitiga, kamu bisa melihat titik lain di wajah lawan bicara, misalnya anggap saja ada segitiga terbalik yang menghubungkan mata dan mulut mereka. Kira-kira setiap lima detik, alihkan pandanganmu dari satu titik lainnya.

     

  • Saatnya Show Up
  • Kini kamu telah menjadi sosok yang kamu inginkan. Banyak tempat dan hal yang membuatmu nyaman. Kamu telah melepaskan rasa cemas dan kekhawatiran mengenai pandangan orang lain. Rasa takutmu terhadap beberapa hal juga sudah runtuh.

    Tunggu apa lagi, ini saatnya unjuk diri. Pikirkan bahwa kamu memiliki banyak hal yang bisa membuatmu menonjol. Tunjukkan banyak hal yang ingin kamu lakukan selama ini. Perlihatkan karya-karya dan kreativitas yang selama ini hanya kamu pendam.

     

    Itulah tujuh cara kreatif dan unik yang bisa kamu lakukan untuk menambah percaya diri. Ingat, kepercayaan diri adalah sesuatu yang dibentuk. Kamu pun bisa memilikinya jika terus berusaha. Selamat mencoba!

    Kembali ke blog