Minati Soerono, Ilustrator & NFT Artist Pemilik Brand Stulka

Minati Soerono, Ilustrator & NFT Artist Pemilik Brand Stulka

Sejak kecil Minati Soerono sudah jatuh hati dengan menggambar. Apapun yang ditangkap matanya, kemungkinan langsung bisa menjadi sumber inspirasi. Tak hanya menggambar, kala itu melakukan berbagai hal kreatif juga sudah mendarah daging dalam di diri Minati. Kecintaannya kepada dunia kreatif tak memudar hingga saat ini. Hal itulah yang kemudian membawa Minati menjadi seorang seniman multidisiplin dengan mengusung brand bernama “Stulka” sejak Mei 2016.

Sebelum fokus mengembangkan Stulka, Minati nyatanya sempat malang melintang di dunia korporasi. Lulusan Desain Komunikasi Visual, Bina Nusantara, itu tercatat pernah menjadi marketing koordinator di Kamar Dagang Inggris pada 2019 hingga 2020. Dia juga sempat bekerja sebagai Senior Marketing Strategist di Szeto Group sebelum akhirnya memutuskan untuk fokus kepada bidang kreatif.

Pengalamannya beberapa tahun di dunia korporasi nyatanya membuat Minati makin bertekad mengejar karier di jalur kreatif. Ia lantas memutuskan untuk menjadi seniman penuh waktu dengan me-launching brand Stulka. Menurut Minati, peluang dalam industri kreatif sekarang makin menjanjikan.

Melalui karya-karyanya Minati ingin menggambarkan perasaan abstrak yang dia miliki. Mulanya, ia banyak fokus kepada ilustrasi, tetapi ia kemudian juga menciptakan berbagai karya seni lain seiring hadirnya beragam inspirasi, komik misalnya. Mayoritas karya Minati terinspirasi budaya pop. Ia suka menggunakan warna primer yang berani dan kontras dan sering bereksperimen dengan gaya yang berbeda.

Hadirnya Stulka kata Minati juga sekaligus menjadi ruang bebas bagi orang lain untuk beropini mengenai karyanya. Baginya cukup menyenangkan untuk mengetahui pendapat orang lain tentang karya yang ia ciptakan.

Dalam mempromosikan karyanya, Minati aktif menggunakan media Instagram. Ia juga menampilkan portofolionya di beberapa platform, seperti Behance dan Dribbble.

Di samping itu, lebih dari setengah tahun, brand Stulka juga menjangkau ranah NFT. Berbagai karyanya kini sudah muncul di marketplace Open Sea dan OBJKT. Minati optimistis bahwa pasar industri kreatif akan memberikan banyak kesempatan baru bagi seniman-seniman. Berbagai terobosan nilai guna dan implementasi baru di industri kreatif akan terus berkembang ke depannya.

Nah, penasaran dengan karya-karya Minati? Berikut ini merupakan kreasi Minati yang banyak mencuri perhatian penikmat seni.

 

Friedrich Zimmermann

Ini merupakan salah satu ilustrasi terbaru Minati. yang menggambarkan seorang ahli IT yang menginginkan manusia dan AI hidup bersama dalam harmoni. Ia meluncurkan seri ini di platform Form Function yang banyak memuat karya seniman independen.

 

Solitude

Ini juga merupakan karya terbaru Minati. Ilustrasi Solitude menggambarkan kesendirian seorang perempuan. Meski begitu, ia tampak ditemani oleh beberapa hewan. Karya ini turut tampil di platform Form Function.

 

H00man

Melalui ilustrasi ini, Minati ingin menghadirkan nuansa baru dalam karyanya. Ia menempatkan karya ini di platform NFT OBJKT.

 

Komik

Beberapa kali Minati juga membuat komik dengan cerita-cerita slice of life. Komik ini menceritakan perempuan yang akhirnya bisa pindah dan hidup sendiri setelah lama berdebat dengan keluarganya.

 

Itulah sekilas profil dan perjalanan karier seorang Minati Soerono. Keyakinannya yang kuat kepada seni membuatnya terus hadir dengan karya-karya kreatif yang terkadang berkaitan dengan yang apa dialami banyak orang.

Kembali ke blog